Publications

Please click here to see list of my publications.

10 responses to “Publications”

  1. Lala says:

    Ma'af Pak bagaimana saya bisa mendapatkan jurnal yang berjudul Jaringan Saraf Tiruan untuk Penelitian Pemasaran, karena berhubungan dengan topik tugas akhir yang saya ambil. Demikian pertanyaan dari saya, atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam,

    Lala

  2. meity says:

    Nama saya adalah meiti, mahasiswa manajemen semester 6.
    Sekarang saya dalam proses membuat proposal skripsi dengan judul Tingkat adopsi mahasiswa internet, yang ingin saya tanyakan adalah apakah faktor difusi inovasi yang dikemukan oleh roger berkaitan?indikator apa yang berpengaruh?. Demikian pertanyaan saya dan besar harap saya bapak bisa membantu saya, atas perhatian saya ucapkan terima kasih.
    Wss,

  3. Fathul Wahid says:

    @Mbak Lala
    Jawaban saya kirim lewat e-mail.

    @Mbak Meiti
    Secara spesifik saya belum pernah menggunakan modelnya Rogers dalam meneliti adopsi Internet. Kalau pertanyaannya, faktor-faktor tersebut terkait, jawabannya bisa jadi. Untuk membuktikan Mbak Meiti bisa lakukan penelitian menggunakan variabel-varibel dalam Teori Difusi Inovasi yang dikemukakan oleh Rogers dan lakukan uji asumsi klasik terkait dengan multikolinieritas. Jika terjadi multikolinieritas berarti jawabannya "ya". Untuk mengetahui variabel apa yang berpengaruh, dari beberapa penelitian terdahulu mungkin bisa diacu, walaupun saya percaya dalam konteks yang berbeda sangat mungkin temuannya akan lain. Mudah-mudahan jawaban saya membantu. [Salinan juga saya kirim via email]

  4. Putra Adi says:

    Saya Putra Adi, mahasiswa S-1 jurusan matematika FMIPA Univ.Brawijaya Malang. Saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir mengenai "Peramalan Harga Saham Menggunakan Jaringan Saraf Radial Basis". Saya tertarik Research Bapak mengenai "Studi dan Aplikasi Jaringan Radial Basis Function dengan Algoritma Pembelajaran Orthogonal Least Squares dalam Peramalan". Apa saya boleh menjadikan Research bapak tersebut sebagai referensi saya? Jika boleh, bagaimana saya mendapatkannya. Demikian permohonan saya dan besar harapan saya bapak bisa membantu saya, atas perhatian bapak, saya ucapkan banyak terima kasih.

  5. Umar Aditiawarman says:

    Assalamualaiukm,

    Nama saya Umar Aditiawarman, biasa dipanggil Umar. Kemarin saya sempat googling "study of e-government in Indonesia", salah satu indexnya merujuk pada artikel Pak Wahid di HICSS'2008, Hawaii. Setelah ditelusuri baru ketemu blognya pak Wahid. Menarik sekali achievements dari bapak, dan sepertinya saya bisa bertanya kpd bapak mengenai technology adoption (kalau tdk merepotkan :)). Saya adalah mahasiswa S3 di International Islamic University Malaysia, topik yg saya ajukan adalah "Modeling G2C Adoption of E-government in Developing Country: Case Study of Indonesia". Ada beberapa faktor yg masih saya review agar dapat fit pada research framework saya, seperti cultural issue, poltical self-efficacy, trust, dll. InsyaAllah suatu saat saya dapat diskusikan riset ini dgn bapak, tentunya agar mendapatkan pandangan yg lebih luas mengenai e-govt adoption di indonesia. Sekiranya kalau bpk bisa reply melalui email saya dan kita bisa diskusi lewat japri. sekian terima kasih atas waktunya.

  6. meity says:

    Mf pak sy br bs berterimakasih atas jawaban bapak kemarin. saya msh bingung mengenai mencari indikator dari difusi inovasi??saya mengambil difusi inovasi Roger. Mhn bantuannya atas penjelasannya dgn sgt.
    W@cc

  7. Fathul Wahid says:

    @Mas Putra Adi, Saya akan coba cari file saya mas, karena penelitian itu saya lakukan tahun 1997, 11 tahun yang lalu. Saya sudah lama meninggalkan penelitian di bidang kecerdasan buatan, dan sekarang fokus ke sistem informasi.

    @Mbak Meity, Untuk operasionalisasi variabel yang dikenalkan oleh Rogers, mbak Meity bisa rujuk penelitian-penelitian lain yang menggunakan model serupa. Misal untuk kanal komunikasi, nampaknya tidak sangat rumit dioperasionalisasi dalam item-item kuesioner. Untuk kompleksitas bisa merujuk penelitian yang telah menurunkannya dalam item-item kuesioner. Dan seterusnya. Mudah-mudahan membantu.

  8. Rales Sukma says:

    assalamualaikum wr wb.

    kepada bapak Wahid yang saya hormati.

    perkenalkan nama saya Rales Sukma, mahasiswa Msi UGM studi manajemen dengan konsentrasi sistem informasi manajemen.
    saat ini saya sedang menjalani tesis bimbingan pak Hargo Utomo.

    tesis saya berkenaan dengan proses difusi telecenter di Indonesia, pak Wahid.

    saya tertarik mendapatkan artikel tulisan bapak dalam bentuk PDF yang berjudul:

    1. "Information Diffusion Agents: The Spread of Internet Cafes in Indonesia"

    2."Faktor Penentu Difusi Internet di Indonesia: Sebuah Model Konseptual"
    (Factors Affecting Internet Diffusion in Indonesia: a Conceptual Model)

    saya juga dengan senang hati apabila bapak Wahid menyertakan juga beberapa artikel lagi yang menurut bapak bisa saya baca untuk menambah
    pemahaman dan penulisan tesis saya ini.

    saya sangat menantikan jawaban bapak.

    atas perhatian bapak dan juga jawaban bapak, saya ucapkan terima kasih.

    assalamualaikum

  9. Fathul Wahid says:

    @Rales, Jurnal sudah saya kirim per email. Mudah-mudahan bermanfaat.

  10. Meiti says:

    terima kasih atas jawaban, saya akan coba dulu dengan penjelasan yang bapak berikan
    Wss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*